Selasa, 24 Mei 2016

Nitrous Yogyakarta

Menu es krim emang selalu ada perkembangan tiap abadnya. Dari yang dulu cuma batangan apa contongan sekarang macem-macem ada yang gelato, ice Thailand, es campur dari yang murah sampe yang mahal. Sampai akhirnya kemajuan IPTEK mengijinkan manusia untuk mengolah ice cream dengan menggunakan Nitrogen.

Pada dasarnya Nitrogen (N2) itu berbentuk gas gan. Tapi Nitrogen dapat dicairkan melalui proses cryogenic yang dapat kembali menjadi gas bila suhunya naik. Nah nitrogen yang dipake buat ice cream ini adalah Nitrogen cair untuk mendinginkan temperatur ice cream sehingga bisa membeku dalam waktu singkat tanpa menghilangkan rasa. 


Nitrous menjadi salah satu gerai yang menggunakan konsep tersebut untuk memanjakan para konsumennya termasuk ane. Lokasinya kalau agan dari arah selokan Mataram tar ke selatan aja ke arah Fastrack/Jalan Solo. Ntar setelah Kalimilk pantengin aja kiri jalan pasti keliatan kok pelang nya Nitrous.


Untuk ukuran cafe dessert tempatnya keitung gede gan. Ada 2 lantai yang lantai 1 itu indoor dengan dekorasi ruangan yang artistik banget temboknya. Sedangkan lantai 2 nya open-door jadi agan bisa santai sambil nikmatin udara malam dan mikirin ekonomi Indonesia yang makin terpuruk.

Lantai 1
Lantai 2


Nitrous Yogyakarta Cookies
(cool dragon cookies)


Sebagai pengenalan biar ane ga kaget jadinya dikasih dulu menu bernama "Special Cool Dragon Cookies" (12rb). Waw waw waw... ane sangat excited ngeliat bentuknya. Jadi ada 4 biskuit yang ditusuk stik es krim sama 1 gelas berisi ramuan nitrogen cair. Wuih berasa bukan datang ke cafe tapi datang ke dukun judi bola dengan aura mistis asap-asapnya.

Jadi cara makannya celupin cookie nya ke dalam nitrogen cair selama 10 detik lalu angkat. Diemin bentar lalu masukin deh ke mulut. Endesss gan langsung ngepul asap keluar dari mulut sama hidung. Asapnya hampir mirip kaya asap shisa cuma kalau ini ga ada rasanya cuma dingin doang dikit. Ane ga nyangka gan rasa biskuitnya bakalan seenak ini secara harganya cuma 12rb. Mirip dengan rasa oreo digabung dengan coklat tapi yang ini jauh-jauh lebih enak. What a nice start !

Lanjut ke Main Event dari Nitrous yaitu "Molekul Ice Cream" di mana kita diberi pilihan untuk memilih 3 rasa ice cream yang akan kita buat sendiri dengan Nitrogen Cair. Whot whot ?? Ndeso ya ane secara di Jogja baru sekarang coba ice cream beginian. Ada banyak banget pilihan flavournya (untuk menu bisa dilihat di bawah). Ane cobain rasa Taro, Durian, dan Kiwi.

Nitrous Yogyakarta
(bahan molekul)

Pas dateng ternyata 3 rasa ice cream yang ane sebutin tadi itu dalam bentuk cairan di dalam botol yang bentuk nya mirip dengan botol saos sambal. Tak ketinggalan baki nya berbentuk persegi yang dijadiin tempat taruh nitrogen cairnya.

Nitrous Yogyakarta
(proses masak molekul)

Kalau yang ini cara masaknya yaitu tuangin Nitrogen Cairnya ke dalam baki kecil lalu masukin deh es krim cair yang ada di dalam botol sambal tadi. Aduk-aduk bentar sampai keliatan memadat lalu ditiriskan deh. Voila...jadilah ice cream ajaib. Perlu diingat bahwa Nitrogen Cairnya cuma bisa bertahan selama kurang lebih 3-5 menit jadi jangan kelamaan foto-fotonya keburu mubazir ini Sumber Daya Alam kita.

Nitrous Yogyakarta Molekul
(gini kira-kira hasilnye gan)


Keunggulan dari Ice Cream ini adalah doi ga cepet mencair gan (katanya). Kalau rasa Cinta agan ke doi cepat mencair juga ga yaahhh ? :p Dari 3 rasa yang ane order yaitu Taro, Durian, Kiwi semuanya enak gan. Yang durian ane paling demen soalnya rasa durian nya kerasa, jadi ane ga merasa tertipu. Soalnya ane pernah beli produk "Fiest*" rasa Durian di Circle K yang ane coba jilat dari belakang ampe depan ga kerasa Durian nya sama sekali. Ane yang tertipu apa ane yang kurang cerdas ya ??

Nitrous Yogyakarta Black Dragon
(nitrous black dragon)


Karena masih penasaran ama sihir Nitrous yang lain ane pesen lagi "Original Nitrous Black Dragon" (18k). What what ice cream rasa Black Dragon ?? Menurut waitress nya ini adalah extract dari Paha Naga digabung dengan Tembakau makanya jadi item. Terserah agan mau menilai cerita ane tadi tipu-tipu atau bukan. Tapi kayanya bukan deh soalnya setelah ane googling ternyata Naga itu sudah punah. Jadi mustahil bagi mereka untuk nemuin Paha Naga lalu di ambil ekstrak-nya.
Ice Cream Black Dragon ini misterius banget gan, warnanya super itemmmm mungkin kebanyakan dijemur dengan janji-janji palsu di bawah terik matahari. Rasanya susah dideskripsikan gan manis-manis mistis begitu deh dan porsinya gede loh enaknya buat makan rame-rame. Tempatnya juga unik kaya lampu jin gitu tak lupa dengan asap-asapnya yang angker.





ga perlu khawatir dan bingung soal cara makan menu-menu nya karena mas dan mba waitress nya sangat sigap dan ramah ngejelasinnya. Jadi ntar waktu mereka antar menu ke meja sekalian explain cara nikmatin nya ke agan.

Kledokan, Seturan
open 10:00 - 22:00

sumber: http://voilajogja.blogspot.co.id/2015/09/nitrous-ice-cream-fruit-bar.html

2 komentar:

  1. Tempat tongkrongan fav ku loh ini kak, baguss banget tempat sama makannyaaaa

    BalasHapus